12th International Conference on Bioinformatics (InCoB 2013)

22 September 2013 | Research, SLab

Alhamdulillah, saya mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil riset saya di InCob 2013. InCoB 2013 merupakan salah satu top conferences on bioinformatics. Salah satu yang membuat saya “bangga”, I am the only Indonesian and the only hijaber (muslim). Semoga presentasi saya membawa keberkahan bagi agama islam dan kehidupan saya selanjutnya di dunia dan akhirat :).

Seperti conference yang pernah saya ikuti sebelumnya, komposisi PhD student sebagai presenter pada conference ini bisa dihitung dengan jari. Sebagian besar, presenter-nya adalah PostDoc, Research Fellow dan Professor. Kesempatan yang sangat baik bagi saya untuk menjalin networking dan tentunya komen dan saran audience terhadap riset saya.

Saya menjadi the last speaker in the last session. Awalnya membuat saya berpikir, mungkin para audience sudah tidak excited dan ngantuk. Ternyata saya salah, setelah presentasi, terdapat beberapa pertanyaan dan komentar yang diajukan oleh audience. Di saat itu, saya baru menyadari, benar apa yang dikatakan supervisor saya (Sensei), bidang riset saya merupakan problem yang cukup kompleks dan sangat dibutuhkan solusinya, terutama untuk the next generation of problem solving. Bidang riset saya adalah metagenomic assembly, saya men-develop software untuk meng-assembly metagenomic data. Hal ini sangat berguna untuk step selanjutnya, salah satunya untuk cancer genomics. Komentar terakhir yang diberikan oleh seorang audience membuat hati saya “berdebar” hehe… seorang research fellow di Singapura yang bermain dengan data metagenome, sebelumnya mengambil PostDoc di German dan UK. Dia memiliki data metagenome dan membutuhkan software assembly, dia menawarkan untuk berkolaborasi. Alhamdulillah, di saat itu Sensei saya juga hadir, tentunya kesempatan itu langsung ditangkap oleh Sensei.

Alhamdulilah, syukur yang tak hingga, senangnya hati ini saat riset kita berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Alhamdulillah, terimakasih ya Allah semoga membawa keberkahan, aamiin, keep spirit! :).


Leave a Reply